26.11.23

Singapura: Workshop

Singapura senantiasa membangun. Banyak gedung beralih peruntukan atau gedung lama diruntuhkan diganti gedung baru. Ketika 8-12 November 2023 ada undangan workshop dan pentas di seputaran Joo Chiat dan Tampines, saya merasakan hal ini. Di daerah Geylang, area Kampung Melayu diubah menjadi Wisma Geylang Serai. Di Tampines terdapat Our Tampines Hub (OTH), yang dididirkan sekitaran 5 tahun lalu. Bahkan ketika ke Terminal 2 Changi giant screen yang menggambarkan air terjun menjadi hiburan tersendiri bagi penumpang atau pengantar. Sebagai negara kota yang tidak luas, Singapura selalu berbenah diri. 

Hari pertama kedatangan, saya bersama rombongan diantar tim dari Sri Warisan menuju ke Wisma Geylang Serai. Sebuah gedung dan sekaligus kawasan untuk aktivitas masyarakat. Terdapat beberapa kantor seni, ruang pertunjukan umum, dan cafe serta resto di lokasi ini. Saya pernah mengobservasi daerah ini beberapa tahun sebelumnya tetapi kondisi kini sudah jauh berbeda. Stasiun MRT Paya Lebar sudah dikembangkan menjadi kompleks mall, dan banyak bangunan beralih fungsi di Joo Chiat serta hotel berganti nama. Meskipun tetap ada yang masih bertahan, namun area di seputaran telah berubah. 

Berikutnya, ketika workshop di Tampines, seputaran stasiun MRT juga sudah banyak berubah. Tempat workshop yang di OTH, merupakan sebuah bangunan besar kompleks olah raga, perbelanjaan, dan studio seni. Di lokasi inilah kegiatan workshop dan pentas dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai 11 November. Praktis, waktu observasi hanya tersedia sehari di tanggal 9. Tidak banyak lokasi yang kami kunjungi, seperti: Little India, China Town, Bugis Street, Jewel, dan Marina Bay. Selepas pandemi covid, lokasi-lokasi turis sudah mulai berangsur normal. Gerai-gerai jualan juga sudah mulai menggeliat meskipun banyak gerai baru juga. Namun sayang waktu kami berkunjung, patung Merlion sedang dalam pemeliharaan sehingga ditutupi kain hitam. Singapura sepertinya akan selalu berubah, tidak hanya untuk mempercantik diri tetapi juga untuk kepentingan bisnis, wisata, dan keberlanjutan hidupnya (**).

No comments:

Post a Comment

Tegal, Semarang, Solo, dan Tahun Baru

  Liburan akhir tahun 2023, kami lalui dengan melakukan perjalanan kereta api dari Jogja menuju Tegal lanjut Semarang terus ke Solo dan kemb...